7 Mitos Seputar Kehamilan

7 Mitos Seputar Kehamilan

Motherhood is beautiful, yet very complicated.


Kita sering banget mendengar tentang Dos and Don'ts tentang kehamilan ga, sih? Seperti hal yang harus kita hindari, aktivitas yang boleh dilakukan, makanan yang tidak boleh dimakan, dan lain-lain. Tetapi, apakah semuanya benar? Well, beberapa dari informasi itu ada yang benar dan ada juga yang hanya mitos. Yuk, simak mitos-mitos soal kehamilan berikut ini:

1. Ibu hamil tidak boleh berolahraga

Salah satu mitos kehamilan yang banyak beredar di kalangan ibu hamil adalah bumil tidak boleh berolahraga. Namun, ini tidak benar. Saat sedang mengandung, ibu boleh tetap berolahraga, kok. Aktivitas ini sangat dianjurkan karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

Namun perlu dicatat, olahraga yang dilakukan ibu hamil tidak boleh terlalu berat sampai membuat dehidrasi dan kelelahan. Berolahraga selama 20-30 menit sebanyak 3-4 kali seminggu sudah sangat bermanfaat untuk sang ibu dan janin. Beberapa pilihan olahraga yang baik untuk ibu hamil meliputi senam hamil, berenang, berjalan, hingga yoga dan pilates ibu hamil.

2. Porsi makan ibu hamil harus dua kali lipat

Apakah kamu pernah mendengar pembicaraan populer seputar kehamilan di mana porsi makannya harus digandakan dua kali lipat? Faktanya, ibu hanya membutuhkan kalori ekstra sekitar 300-350 kalori saat sedang hamil satu anak jika sudah mengikuti rekomendasi asupan harian 2000 kalori.

Mary Bolles Holder, seorang bidan perawat tersertifikasi berkata, "Ekstra kalori tersebut dapat seimbang dengan sebutir telur, sepotong roti gandum utuh, setengah cangkir yogurt rendah lemah, dan sepotong buah."

Daripada berfokus pada jumlah kalori, coba beri perhatian lebih pada kualitas pilihan makanan. Dengan begitu, ibu terjamin mendapatkan berat yang sehat selama masa kehamilan.

3. Tidak boleh mengonsumsi kopi selama masa kehamilan

Tentu larangan ini begitu menyiksa bagi para pencinta kopi. Sebenarnya, mengonsumsi kopi saat hamil itu tidak apa-apa asalkan tahu batas.

Perlu diketahui bahwa mengonsumsi kafein terlalu banyak bisa meningkatkan risiko keguguran dan bayi lahir dengan berat badan rendah. Maka dari itu, saat hamil, jangan mengonsumsi kafein lebih dari 200 mg per hari. Jumlah kafein ini setara dengan sekitar satu gelas kopi instan atau 3 cangkir teh.

4. Ibu tidak boleh mengecat rambut saat sedang hamil

Walaupun meminimalisir penggunaan bahan kimia selama masa kehamilan adalah ide yang bagus, bukan berarti ibu tidak boleh mengecat rambutnya. Pewarna rambut ternyata aman untuk digunakan ibu hamil. Mary juga menjelaskan jika bahan kimia yang terkandung di dalam cat rambut permanen dan semi permanen ini tidak terlalu bahaya, tapi perlu diketahui bahwa akan ada sedikit bahan kimia tersebut yang diserap oleh kulit.

5. Morning sickness hanya terjadi di pagi hari

Morning sickness atau rasa mual ingin muntah sangat umum terjadi pada masa kehamilan. Namun karena namanya "morning" bukan berarti mual tersebut hanya terjadi di pagi hari. Hal itu dapat terjadi juga di siang maupun malam hari. Biasanya, kemualan ini akan mulai menghilang di trimester kedua. Jika sifatnya serius, Ibu bisa berkonsultasi pada dokter kehamilan untuk mengurangi rasa mual tersebut.

6. Berhubungan intim saat hamil dapat menyakiti calon bayi

Banyak orang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh melakukan hubungan intim karena bisa menyakiti janin dan berpotensi menyebabkan keguguran. Namun, informasi ini hanyalah mitos belaka. Selama kehamilan ibu tersebut sehat dan normal, ibu masih tetap bisa melakukan hubungan seks dengan pasangan.

Janin dalam kandungan ini sebenarnya dilindungi oleh kantung dan cairan ketuban, otot rahim yang kuat, dan lendir yang tebal pada leher rahim. Oleh karena itu, keguguran tidak ada hubungannya dengan aktivitas hubungan intim. Sebagian besar keguguran terjadi akibat janin tidak berkembang dengan baik.

BACA JUGA: BAHAYA PINGGUL BAYI RAWAN CIDERA JIKA SALAH MERAWAT


Yang terakhir, aku mau rekomendasiin satu brand ini untuk para Moms yang sedang dalam kehamilan atau pasca melahirkan. Namanya Mamaway. Produknya sendiri meliputi bra, celana dalam, gendongan bayi, serta korset. Kamu bisa mencari tahu seputar produk ini via Instagram @mamaway.id ataupun dari website mamaway.com. Selain kualitasnya yang terjamin, aku yakin Moms bakal ketagihan karena masa kehamilan Moms akan menjadi super mudah.

Jual JUAL MAMAWAY RING SLING di Lapak Opall Shop | Bukalapak

Take care, Moms! It is worth the wait.

Sumber: Right as Rain by UW Medicine

Comments 7

Siani on

nikmatin aja selama masa hamil

Anastasia on

Thankyou for the info! So helpful!

Linimi on

wkwkwkwk jd bljr hal2 baru sperti no5

annie on

paling gaenak morning sickness hahaha.

Mendy on

pantesan saya selama hamil berat badan jadi naik drastis, soalnya selama hamil bawaannya laper terus

Lea on

Lagi nyari2 soal kehamilan karna takut bgt salah sini sana

Mel on

Oh tenryataa gapapa ya minum kopi. Aku pencinta kopi dan lg hamil jd stop

Leave a comment