Cara Mencuci Bra yang Benar Agar Bersih dan Tidak Mudah Rusak

Cara Mencuci Bra yang Benar Agar Bersih dan Tidak Mudah Rusak

Bra merupakan salah satu jenis pakaian yang sensitif. Selain cara penyimpanannya yang benar, bentuknya perlu dipertahankan dari cara mencuci juga. Mencuci bra dengan cara yang salah akan membuat bra kamu berubah bentuk atau bahkan rusak. Bra yang berubah bentuk bisa menghambat kinerjanya untuk menopang payudara kamu sehingga membuatmu merasa tidak nyaman. Ayo! Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara mencuci bra yang benar!


2 Cara Mencuci Bra

Terdapat dua pilihan dasar untuk mencuci Bra, yaitu memakai mesin cuci dan dengan tangan. Keduanya sama - sama berpotensi merusak Bra jika tidak mengerjakannya secara hati - hati.

Mencuci Bra di Mesin Cuci

Mencuci bra di mesin cuci memang diperbolehkan asal menggunakan kantong cuci khusus. Kantong cuci tersebut berbahan jaring yang dapat menampung beberapa bra dan memisahkan bra dengan pakaian lainnya agar menghindari risiko terlilit saat mencuci. Selain itu, kantong khusus ini juga bisa mengurangi tekanan akibat perputaran mesin cuci sehingga bra milikmu tidak cepat melar dan rusak.

Kantong cuci kini dijual bebas di pasaran dengan ukuran yang berbeda-beda sesuai kebutuhanmu. Berikut ini adalah cara mencuci bra di mesin cuci yang benar :

  1. Pasang semua pengait tali bra agar tidak membelit cucian lain di dalam mesin cuci.
  2. Masukkan bra ke dalam kantong cuci bra. Perlengkapan ini berupa wadah berpenutup dan berbahan jaring untuk membantu menjaga bentuk kap bra. Jika Anda mencuci lebih dari satu bra, tumpuk bra sesuai bentuknya untuk menghemat ruang di dalam kantong cuci bra dan mencegah kap menjadi penyok.
  3. Masukkan kantong cuci tersebut ke dalam mesin cuci. Anda bisa mencucinya terpisah atau bersama cucian-cucian ringan lain, misalnya celana dalam, sapu tangan, dan kaus kaki.
  4. ambahkan detergen sesuai muatan mesin cuci. Kalau Anda hanya mencuci bra tanpa cucian lain, Anda cukup memakai sekitar satu sendok teh detergen. Sesuaikan takaran ini jika mesin cuci berisi lebih banyak cucian.
  5. Jalankan mesin cuci pada siklus cuci handwash atau delicate (biasanya bertanda gambar baju bayi) memakai air bersuhu biasa.

Mencuci Bra dengan tangan

  1. Isi wastafel bersih atau ember cuci dengan air secukupnya untuk merendam keseluruhan bra.
  2. Tuangkan satu sendok teh detergen lembut. Aduk untuk melarutkannya.
  3. Masukkan bra hingga semua bagiannya berada di bawah permukaan air. Hindari menekan kapnya. Posisi kap terbuka ke atas lebih baik daripada telungkup. Biarkan selama 10-15 menit.
  4. Guncang-guncang perlahan bra di dalam air untuk menyingkirkan kotoran yang sudah terlepas, lalu angkat.
  5. Bilas bra di bawah aliran air keran.


Cara Mengeringkan Bra

Setelah dicuci memakai mesin cuci atau secara manual, bra tidak perlu diperas. Memeras bra dengan cara memelintirnya hanya akan mengubah bentuk kap dan merusak tali bra. Cara terbaik untuk membuang kelebihan air pada bra adalah meniriskannya di atas handuk di udara terbuka sekaligus untuk mengeringkannya. Menggantung bra di tali jemuran bisa menjadi pilihan asalkan Anda tidak menggantung pada bagian talinya karena cara ini berisiko merusak elastisitas tali bra. Untuk membantu mempercepat proses pengeringan, gunakan kipas angin terutama pada musim hujan.


Berapa Sering Bra Perlu Dicuci?

Beberapa jenis bra lebih sensitif daripada jenis yang lain. Bra berbantalan lebih sensitif terhadap detergen sehingga sebaiknya dicuci sesekali saja. Mengguyurnya di bawah aliran air hangat selama beberapa menit cukup untuk meluruhkan sedikit minyak tubuh dan keringat, misalnya setelah dikenakan sebentar atau dikenakan di ruang berpendingin. Sebaliknya, jika bra tersebut baru selesai dikenakan beraktivitas berat dan berkeringat banyak, cara mencuci bra yang benar di atas perlu Anda terapkan. Hal ini bisa juga berlaku pada jenis-jenis bra yang lain.

Comments 5

Sunni on

oh caranya gitu

luna on

oh pantesan bra ku semua keriting😭

Linda on

cukup bermanfaat informasinya, terima kasih

Litha on

mari kita coba

Andini Winata on

selama ini pakai mesin cuci rusak gak ya

Leave a comment