Tips Untuk Mengurangi Penggunaan Smartphone

Tips Untuk Mengurangi Penggunaan Smartphone

Sometimes you just need to put down your phone and live in the moment.


Pernah ga sih terpikir berapa lama waktu yang kalian habiskan pada smartphone-mu setiap harinya? Atau berapa kali sehari kalian memeriksa smartphone-mu? Meski smartphone jelas membantu orang-orang tetap terhubung, tak jarang juga para ahli membahas dampak negatifnya pada kesehatan mental, produktivitas, dan bahkan relationship seseorang. Nah, supaya kita tidak serba berketergantungan dengan smartphone, ada beberapa tips supaya kalian bisa menghabiskan lebih sedikit waktu pada HP-mu.

1. Matikan Push Notification

Ini adalah langkah pertama yang sangat berpengaruh dalam mengurangi rutinitas penggunaan smartphone bagi saya. Push notification adalah pesan singkat atau notifikasi yang dikirim oleh aplikasi smartphone ke semua orang yang telah menginstal aplikasi dan yang telah mengaktifkan mode penerimaan pesan ini. Jika aktif, tidak peduli apakah kalian pengguna iPhone, Android, atau merek ponsel lainnya, kalian dapat menerima pemberitahuan ini. Mematikan push notification membantu mengurangi memeriksa ponselmu secara tidak perlu.

2. Jangan Langsung Buka HP di Pagi Hari

Buatlah aturan untuk tidah memeriksa HP di satu jam pertama setelah kalian bangun tidur. Menurut saya, ini adalah cara yang sangat baik untuk memulai harimu. Saya tidak menyadari betapa hal ini sangat berpengaruh dalam menentukan mood saya seharian. Entah membaca berita, scrolling Instagram, atau membaca email, terkadang hal itu sama sekali tidak perlu dilakukan begitu kamu bangun. Sebagai gantinya, kamu bisa memulai pagimu dengan sebuah rutinitas seperti makan pagi atau berolahrga.

3. Jangan Gunakan HP Sebelum Tidur

Sama seperti aturan di atas, coba deh untuk tidak menggunakan ponselmu 1 jam sebelum kalian tidur. Kalian akan merasakan betapa hal ini dapat memengaruhi kemampuan dan kualiltas tidurmu. Kalian bisa menyimpannya di tempat yang agak jauh dari tempat tidurmu sehingga kalian tidak meraihnya saat terbangun di tengah malam. Jika memungkinkan, lakukan ini juga saat kamu hendak makan pagi, siang, dan malam.

4. Atur Batas Waktu Untuk Aplikasi

Dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, kini smartphone-mu disertakan fitur time limit atau batas waktu aplikasimu. Kebanyakan orang melakukan ini pada aplikasi hiburan seperti TikTok, Instagram, Youtube, Netflix supaya mereka tidak kecanduan. Banyak orang yang mengaku terkejut tentang seberapa cepat time limit 1 jam mereka habis. Hal ini mungkin menjadi tantangan lebih sulit bagi mereka yang bekerja di bidang media sosial. Meski begitu, hal ini membuat saya jauh lebih sadar tentang bagaimana saya menghabiskan waktu di sana.

5. Gunakan Fitur “Do Not Disturb

Fitur "Do Not Disturb" ini dapat ditemukan bagi pengguna iPhone maupun Android. Fungsinya adalah untuk mengatur ponsel dan tablet agar tak mengganggu pengguna dengan panggilan, pesan atau notifikasi, peringatan yang masuk saat perangkat terkunci. Kamu juga dapat menjadwalkan "Do Not Disturb" dan mengizinkan panggilan hanya dari orang-orang tertentu saja.

BACA JUGA: ALASAN KENAPA KAMU HARUS BANGUN PAGI


Banyak yang bilang jika mereka tak menyukai bagaimana smartphone kita telah mengubah hidup kita. Rasanya seperti menjadi sibuk namun tidak efektif. Terhubung tapi sendirian. Teknologi yang sama yang memberikan kebebasan juga bertindak seperti tali pengikat — dan semakin kita terikat, semakin juga kita bertanya tentang siapa yang sebenarnya memegang kendali di balik semua ini.

Comments 22

lululah on

bener bgt sih tp susah ya:’)

bebi on

hmm yg gni2 hrs di up bukan gosip beerita aja

Lauren on

Gua bgt yg susah lepas dari hp, mau coba tipsnya semoga berhasil :’)

NASYA on

duh gue lg seru2 nih gbs lepas sm hp

Chika on

emang gue harus gunain ini biar ga addicted sm hp hahhaha

nasutions on

harus coba !! makasih sarannya!

Nadira on

Fitur “do not disturb” terbaiks

Leave a comment