Masalah Rambut Kering, Kini Bisa Diatasi Dengan 6 Cara Ini Loh!

Masalah Rambut Kering, Kini Bisa Diatasi Dengan 6 Cara Ini Loh!

"Invest in your hair. It's the crown you never take off" - Unknown


Rocketers yang memperhatikan kesehatan rambut dengan baik, pasti pernah mengalami permasalahan rambut kering. Dimana nutrisi dan kondisi rambut seiring berjalannya waktu akan berkurang dan membuat rambut tidak secara maksimal ternutrisi. Karena dengan rutinitas biasa dengan berkeramas dan menggunakan conditioner tidak cukup untuk membuat rambut menjadi sehat ataupun kuat.

Perlu adanya perawatan yang dilakukan terhadap rambut kering yang dimiliki, membuat para rocketers pasti mempertimbangkan untuk pergi ke salon demi merawat kondisi rambut yang sudah mempengaruhi penampilan dan rocketers memiliki bad hair day pada kesehariannya. Hal tersebut bisa menjadi salah satu cara yang bisa ikut membantu memperbaiki kondisi rambut kering para rocketers.

rambut sehat

BACA JUGA: WAJIB TAHU! INI DIA JENIS-JENIS SISIR DAN KEGUNAANNYA

Tapi, dengan harga perawatan rambut yang cukup mahal, pasti rocketers berpikir ulang untuk melakukan perawatan rambut secara rutin. Karena, kondisi rambut kering yang rocketers alami tidak bisa diperbaiki dalam waktu sekejap. Jadi dibutuhkan perawatan yang berkala untuk memperoleh kondisi rambut sehat dan terlindungi.

Penyebab Terjadinya Rambut Kering

Untuk para rocketers yang mempunyai permasalahan rambut kering, harus mengetahui penyebab terjadinya rambut kering yang dimiliki. Bisa jadi rocketers tidak memperhatikan beberapa hal kecil yang dapat merusak rambut. Hal-hal berikut ini ternyata dapat mempengaruhi kesehatan rambut rocketers, loh! Cek beberapa penyebab rambut kering di bawah ini, yuk!

1. Faktor Lingkungan.

lingkungan berpengaruh pada rambut

Penyebab rambut kering yang pertama adalah dari lingkungan. Polusi, kotoran, hingga cuaca panas dapat membuat rambut menjadi kering. Paparan sinar matahari yang ekstrim merupakan salah satu penyebab rambut kering yang utama. Apalagi tinggal di Indonesia yang memiliki iklim tropis, sehingga berisiko mengalami kekeringan lebih tinggi daripada orang yang tinggal di negara empat musim.


2. Cara Keramas Yang Salah.

berkeramas

Mungkin ada sebagian dari rocketers yang menganggap jika keramas setiap hari baik untuk rambut. Sebenarnya ini keliru. Pasalnya, beberapa jenis rambut mudah kehilangan kelembaban alaminya karena keramas setiap hari. Menggunakan sampo yang tidak sesuai jenis rambut dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan menghilangkan minyak alami pada rambut.


3. Alat Styling Penghantar Panas.

alat styling

Alat-alat seperti hair dryer, catokan maupun pengeriting sering digunakan untuk menata rambut agar lebih rapi dan indah. Tapi, bila digunakan terlalu sering dapat menjadi penyebab rambut kering. Hal ini dikarenakan alat-alat styling tersebut membuat kandungan lemak yang berada di dalam kulit kepala menjadi kering, sehingga tidak ada lagi yang mengontrol kelembaban rambut.


4. Menggunakan Pewarna Rambut.

pewarna rambut

Penyebab rambut kering yang sering diabaikan, yakni seringnya mewarnai rambut. Pewarna rambut mengandung bahan kimia yang cukup keras yang dapat menyerap minyak alami rambut yang akan membuat rambut menjadi kering.


5. Kurang Asupan Air Putih.

kurang asupan air putih

Perlu diketahui, kesehatan rambut juga dipengaruhi dari kecukupan konsumsi air putih. rocketers pasti sudah sering mendengar jika sebaiknya tubuh manusia minum air mineral 2 liter per hari. Minum air putih yang cukup dapat menghidrasi sel-sel di rambut dan kuku rocketers. Kelembaban ini diperlukan agar rambut terhindar dari kekeringan dan kerusakan lainnya.


6. Kurang Nutrisi.

nutrisi

Bila rambut kekurangan nutrisi pasti akan muncul masalah, salah satunya adalah rambut kering. Apalagi, jika rocketers sedang diet yang mengurangi sebagian besar porsi makan dan nutrisi tidak hanya mempengaruhi kondisi tubuh, tetapi juga kondisi kesehatan rambut rocketers.

Beli Protein Cream dari SH-RD Indonesia di:

Shopee: https://shopee.co.id/shrd.id

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/shrd.id

Website: https://www.pinkrocket.co.id

[Selengkapnya melalui: SH-RD Indonesian Hair Care]

Cara Mengatasi Rambut Kering

Setelah mengetahui penyebab rambut kering yang dimiliki, rocketers dapat mengikuti beberapa cara merawat rambut kering tanpa harus pergi ke salon. Semua perawatan ini bisa rocketers lakukan dirumah dan tanpa perlu merogoh kocek yang mahal untuk sekali perawatan.

1. Pilih Bahan Yang Tepat.

komposisi shampoo

Cara merawat rambut kering yang pertama adalah dengan memperhatikan bahan yang ada pada produk rambut yang digunakan. Rocketers perlu menggunakan produk yang mengandung bahan seperti pisang, shea butter, minyak zaitun, minyak argan, atau minyak kelapa, yang memiliki kemampuan untuk melindungi kelembaban pada rambut serta menutrisi rambut.


2. Hindari Bahan Yang Memicu Rambut Semakin Kering.

kandungan yang salah

Salah satu tips merawat rambut kering, yaitu jangan gunakan produk rambut yang mengandung silikon dan alkohol. Silikon sendiri dapat menghalangi penyerapan nutrisi dan kelembaban yang dibutuhkan oleh rambut. Sementara untuk alkohol dapat membuat rambut ‘dehidrasi’. Produk rambut yang mengandung sulfate juga dapat membuat rambut menjadi lebih kering karena menghilangkan minyak alami pada kulit kepala dan rambut. Sebaiknya gunakan produk rambut yang mengandung bahan organik dan tentunya dapat merawat rambut yang kering dengan kandungan pelembab.

Untuk mencegah terjadinya kondisi yang kering pada rambut rocketers, rocketers bisa memakai vitamin rambut yang menutrisi batang rambut. Sehingga, tidak menyebabkan terjadinya rambut kering karena bahan-bahan kimia yang terkandung pada shampoo ataupun conditioner yang rocketers gunakan.

SH-RD PROTEIN CREAM mengandung ekstrak rosemary yang dapat memperkuat batang rambut. Dan adanya formula silk protein complex yang bermanfaat untuk rambut rocketers, agar rambut dapat terlihat berkilau serta melembutkan.

SH-RD PROTEIN CREAM juga dapat melembabkan rambut, jadi sangat cocok bagi rocketers yang mempunyai permasalahan rambut kering dan mengempiskan rambut singa/rambut mengembang. Karena SH-RD PROTEIN CREAM mengunci kutikula rambut agar nutrisi dan minyak alami yang terkandung pada rambut rocketers tidak hilang. Justru, akan memberi nutrisi tambahan yang dibutuhkan oleh rambut rocketers.

Kelebihan lain dari penggunaan SH-RD PROTEIN CREAM selain menjadi vitamin, SH-RD PROTEIN CREAM juga dapat menjadi heat protector sekaligus. Sehingga dapat melindungi rambut rocketers dari kerusakan rambut akibat panas yang berasal dari pemakaian alat hairstyling ataupun terpapar panas dari sinar matahari. Yang bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya rambut kering yang rocketers miliki.


3. Hindari Mencuci Rambut Terlalu Kering.

cuci rambut

Cara mengatasi rambut kering selanjutnya, yaitu tidak mencuci rambut setiap hari. Mencuci rambut terlalu sering dapat menyebabkan hilangnya minyak alami pada kulit kepala dan rambut. Hal ini justru membuat rambut tambah kering dan menjadi rapuh. Agar rambut tidak kering, Sebaiknya cucilah rambut setiap 2-3 hari sekali untuk mempertahankan minyak alami di rambut rocketers.


4. Gunakan Masker Rambut.

masker rambut

Pemakaian masker rambut juga dapat dijadikan salah satu cara merawat rambut kering. Penggunaan masker ini bertujuan untuk melembutkan rambut kasar dan menambahkan kelembaban. Disarankan untuk menggunakan masker rambut setidaknya 1 hingga 2 kali dalam seminggu. Cara menggunakannya, oleskan masker ke rambut rocketers setelah keramas, kemudian ratakan masker ke seluruh rambut dan biarkan selama 20 hingga 30 menit sebelum dibilas. rocketers dapat membuat masker rambut sendiri dengan bahan-bahan alami atau bila tidak ingin repot, rocketers dapat menggunakan masker rambut yang ada di pasaran. Sesuaikan cara perawatan rambut kering dengan masalah rambut rocketers.

BACA JUGA: TRIK MENGERINGKAN RAMBUT TANPA HAIRDRYER

Pemakaian masker rambut memang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut dan nutrisi yang hilang pada rambut rocketers. SH-RD HAIR MASK dapat menjadi salah satu upaya solutif pilihan para rocketers untuk dimasukan pada hair care routine.

SH-RD HAIR MASK mengandung macadamia dan avocado oil, shea butter, yang berfungsi sebagai pelembab rambut pada lapisan terdalam. untuk para rocketers yang memiliki permasalahan rambut kering kandungan beberapa ekstrak oil tersebut bisa menutrisi dan menyehatkan rambut rocketers. SH-RD HAIR MASK juga dapat memperbaiki tekstur rambut kasar akibat bleaching, coloring, ataupun karena penggunaan hair styling.

SH-RD HAIR MASK membentuk lapisan pelindung pada bagian terluar rambut rocketers, yang menjadi penyebab kerusakan rambut yang dialami. Tanpa menyebabkan lepek, dan tidak banyaknya residu yang dihasilkan sebab mudah dibilas dan nutrisi terserap dengan baik pada rambut.


5. Gunakan Shampoo dan Conditioner Dengan Benar.

shampoo dan conditioner

Perawatan rambut kering juga sangat bergantung pada penggunaan shampoo dan conditioner rambut. Saat rocketers sedang menggunakan shampoo, cara mengatasi rambut kering yang benar adalah dengan membersihkan seluruh rambut dan kulit kepala pada bilasan pertama dan pada bilasan kedua sebisa mungkin untuk menggunakannya pada bagian akar rambut saja. Hal ini dikarenakan minyak pada rambut terkonsentrasi di sana. Untuk pemakaian conditioner gunakanlah pada ujung rambut dan hindari pangkal rambut, karena akar rambut dapat menjadi berminyak.

SH-RD NUTRA COLLAGEN SHAMPOO mengandung vitamin c yang berfungsi untuk melindungi rambut rocketers dari radikal bebas seperti sinar UV dan polusi udara yang menempel pada batang rambut.

SH-RD NUTRA COLLAGEN SHAMPOO menutrisi kulit kepala rocketers, memperkuat batang dan akar rambut, melembabkan rambut jadi sangat cocok digunakan untuk rambut kering, menghilangkan ketombe serta mengurangi permasalahan kerontokan rambut yang terjadi.

SH-RD NUTRA COLLAGEN CONDITIONER mengandung keratin yang berguna untuk meningkatkan aktivasi sel untuk mengembalikan kondisi rambut sehat, serta SH-RD NUTRA COLLAGEN CONDITIONER dapat menghaluskan dan melembutkan rambut yang rusak.


6. Potong Ujung Rambut.

gunting ujung rambut

Cara merawat rambut kering yang terakhir adalah memotong ujung rambut secara rutin untuk membuat tampilan rambut menjadi lebih sehat. Sebab, salah satu ciri dari rambut kering adalah ujung rambut yang kering atau bercabang. Sebagai cara agar rambut tidak kering, disarankan untuk melakukan pemotongan ujung rambut tiap dua hingga tiga bulan sekali di salon.

(source: pantene.co.id, thebodyshop.co.id)


Perawatan untuk rambut kering bisa rocketers dapatkan hanya di dalam rumah, Tunggu apa lagi?! Yuk, buruan mulai rawat kesehatan rmabtu para rocketers. agar kita bisa lebih menjaga dan merawat diri.

Comment 1

Rini on

terima kasih infonya

Leave a comment