Punya Ide Side Hustle? Hal Ini Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Side Hustle

Punya Ide Side Hustle? Hal Ini Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Side Hustle

Generasi kita dikenal dengan generasi sandwich, dimana arti dari generasi sandwich sebenarnya merupakan kondisi finansial yang dimana kita terjebak diantara dua generasi.


Situasi ini dapat dijelaskan sebagai berikut, dimana generasi orang tua kita/mertua kita dan anak/cucu kita (jika punya). Seakan-akan kita terjebak diantara dua sisi, membuat kondisi kita terlihat seperti sandwich. Dengan adanya situasi ini yang marak di kalangan beberapa orang, membuat muncul sebuah culture baru. Yaitu, Side Hustle.

Pengertian Side Hustle.

side hustle

Kata-kata Side Hustle belakangan ini sering didengar oleh kaum milenia. Side Hustle dan Side Job tidaklah sama. Side Hustle adalah kesibukan sampingan yang bisa meningkatkan kreativitas dan produktivitas. Hal ini tentu berbeda dengan definisi side job, yang berarti pekerjaan yang dilakukan untuk menambah penghasilan.

Sementara Side Job adalah pekerjaan sampingan. Seperti artinya Side Job merupakan pekerjaan yang dilakukan untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Side Job umumnya tidak terikat kontrak atau freelance. Selain itu, biasanya kita memiliki atasan atau klien yang menggunakan jasa yang kita miliki. Side Job bisa juga berupa pekerjaan yang cukup berbeda dari pekerjaan rocketers sehari-hari dan mungkin tidak sesuai dengan passion ataupun hobi.

BACA JUGA : NEW YEAR, NEW YOU. SAATNYA UNTUK TINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI KAMU

Pada intinya, Side Hustle lebih mengutamakan passion seseorang saat melakukan pekerjaan. Side Hustle penting dimiliki saat rocketers masih pelajar atau mahasiswa, jadi rocketers bisa menambah pengalaman dan juga keahlian yang sangat bermanfaat dalam dunia kerja kelak. rocketers bisa memulai dengan mengaktualisasikan hobi ataupun passion yang rocketers miliki.

ikigai

Jika rocketers pernah mendengar istilah IKIGAI, yang merupakan mempunyai arti “the happiness of always being busy”. Dalam artian lain, bisa dibilang bahwa Side Hustle merupakan bentuk nyata atau upaya untuk mewujudkan IKIGAI dalam hidup kita. Karena tidak semua orang mengetahui passion atau memiliki IKIGAI dalam hidupnya. Jadi untuk apra rockets yang sudah menemukan IKIGAI dan tahu bagaimana cara untuk mendapatkannya, keep doing that, be grateful and live your life in gratitude.

Cara Menemukan Side Hustle.

menemukan side hustle

1. Inovasi

Rocketers harus melakukan inovasi dalam hal yang dilakukan, apapun itu. Hobi yang rocketers jadikan sebagai Side Hustle harus bisa diterima oleh masyarakat luas, sehingga karya yang dihasilkan akan menarik perhatian serta minat banyak orang. Lalu dapat meningkatkan penghasilan yang bisa didapatkan dari Side Hustle.

Jika rocketers menyukai hal-hal skincare yang sedang naik daun, dan maraknya orang orang yang sadar akan pentingnya merawat kulit yang dimiliki. Sehingga semakin banyak juga brand brand skincare yang bermunculan. Tetapi belum tentu dapat mengatasi permasalahan kulit yang dialami. Tapi jangan khawatir, dengan EILEEN GRACE JELLY MASK mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah yang dimiliki oleh apra rocketers. Satu-satunya masker muka bertekstur jelly di Indonesia ini, terbukti ampuh membantu dan merawat kulit wajah para rocketers.

Adanya kandungan HA dan Vitamin C yang terdapat pada EILEEN GRACE ROSE JELLY MASK menjadikan masker wajah ini, mengatasi permasalahan kulit berjerawat rocketers dan mencerahkan serta memudarkan bekas jerawat.
Sementara itu, adanya kandungan Activated Charcoal pada EILEEN GRACE BLACK JELLY MASK mampu membersihkan kulit wajah rocketers dan mengeksfoliasi kulit yang tertimbun kotoran-kotoran dan debu yang menempel pada kulit yang menjadikan kulit kusam.

Jadi, jika rocketers ingin mempunyai Side Hustle menjadi influencer ataupun menjadi reviewer untuk produk-produk skincare. Bisa menjadi salah satu peluang yang cukup besar untuk memulai Side Hustle yang tentunya sesuai passion dan hobi yang dimiliki.

2. Konsisten Dan Persisten

Untuk rocketers yang ingin menjadikan hobi sebagai bisnis atau Side Hustle, kunci yang lainnya adalah konsisten dan persisten. Jangan mudah menyerah, dan terus menjalankan hobi yang digeluti walaupun penghasilannya bisa dibilang belum terlalu banyak.

3. Mau Dikritik Dan Dikoreksi

Mintalah pendapat serta saran untuk karya yang kita buat, ini bertujuan untuk mengimprovisasi karya kita. Karena biasanya saran dan pendapat dari teman bisa sesuai dengan permintaan pasar atau permintaan calon konsumen. Jangan takut untuk menerima kritik dan saran, karena dari kritik dan saran kita bisa terus mengembangkan kreativitas. Dengarkan pendapat dan saran yang membangun kita untuk lebih memperbaiki kualitas yang dihasilkan untuk kedepannya.

4. Bergabung Dengan Komunitas/Forum

Bertemu dengan banyak orang, menerima kritik, saran, dan berdiskusi dengan orang lain juga memperluas wawasan dan pengetahuan tentang banyak hal. Anda bisa menggabungkan kritik, saran, solusi, analisis serta pengalaman orang lain sebagai bahan untuk mengimprovisasi karya.


5. Fokus

Untuk mendapatkan hasil yang cukup baik dan maksimal. disarankan rokceters berfokus apda satu hal secara berkala, tidak mencampur-campurkan satu hal dengan yang lainnya. Terlebih jika kita baru ingin memulai Side Hustle.

6. Memulai Sesuatu Yang Simple

Make it easy and make it simple. Ini bisa dijadikan semboyan serta acuan untuk memulai transisi dari hobi jadi sebuah profesi yang menguntungkan. Memang tidak mudah untuk menjadikan hobi sebagai sesuatu yang terukur dan profesional. Tetapi, jika hal tersebut dimulai dari sesuatu yang simple bisa membantu untuk meningkatkan karya yang dihasilkan.

7. Menentukan Visi

Adanya kompetitor bisnis yang serupa akan bermunculan. Jika kita tidak bisa mempertahankan visi dan brand yang kita miliki, semakin lama konsumen akan kehilangan ketertarikan akan produk yang kita hasilkan.

BACA JUGA : TERNYATA HAL INI MENJADI SALAH SATU SELF CARE LOH!

Selain itu, profesionalisme yang terjaga akan mengundang loyalitas pelanggan. Untuk memulai membangun branding dan visi, rocketers bisa melakukan engagement dengan calon konsumen, bisa juga melalui soft sale dimulai dari media sosial.

Tips Melakukan Side Hustle.

tips side hustle

Menurut penulis buku “So You Want to Start a Side Hustle: Build a Business that Empowers You to Live Your Life, Your Way”, Carrie Bohlig. Ada beberapa hal yang harus diamati dan diperhatikan oleh para orang yang menggeluti Side Hustle, dan belajar dari beberapa kesalahan. Carrie mengungkapkan beberapa hal tersebut yang bisa dihindari, jika rocketers sedang menekuni Side Hustle. Diantaranya :

1. Manajemen Waktu Dan Tugas Yang Tidak Efektif

waktu

Pada tahap awal, Carrie mengatakan sangat tidak siap saat Side Hustle -nya berubah menjadi full time job dan berkembang dengan pesat. Meski sudah mengatur waktu secara efektif, Carrie mengatakan ada satu hal yang akan sangat membantu meningkatkan produktivitas saat fase tersebut. Ini adalah mengotomatiskan tugas-tugas tertentu dan mempekerjakan orang-orang yang dapat menduplikasi usaha mereka.

"Saat memutuskan apakah suatu tugas perlu dilakukan oleh Anda, orang lain, atau siapa pun, tanyakan pada diri sendiri; Apakah tugas ini penting bagi saya, pekerjaan sampingan saya, atau nilai-nilai yang saya percayai? Jika tidak, bisakah saya tidak melakukannya? Jika tugas ini perlu dilakukan, dapatkah saya mendelegasikannya? dan lainnya," katanya.

2. Salah Mengira Pendapatan Sebagai Keuntungan

keuntungan

Carrie mengenal beberapa orang yang telah mencoba untuk memulai bisnis pelatihan online. Pola pikirnya seperti ini: temukan 20 klien, bayar setiap klien US$ 4.000 per tahun, dan dapatkan keuntungan US$ 80.000. Namun rupanya pola pikir ini salah. Sebab, pencarian klien hingga membangun sebuah bisnis membutuhkan banyak biaya dan hal hal yang harus diusahakan. Jadi, pendapatan bukan artinya menjadi keuntungan.

"Dengan setiap bisnis yang dikerjakan, ada hal yang harus direncanakan. Penjualan yang Anda hasilkan tidak sama dengan keuntungan Anda. Sehingga 'keuntungan' US$ 80.000 bukanlah apa yang akhirnya Anda bawa pulang," ungkapnya.

3. Menginvestasikan Kembali Pendapatan Untuk Menghasilkan Lebih Banyak Penjualan

pendapatan

Setelah menghasilkan pendapatan yang 'cukup', orang tidak perlu lagi menginvestasikan kembali semua keuntungan untuk menghasilkan lebih banyak penjualan.

"Jika Anda memiliki anggaran pribadi yang sederhana dan mengelola keuangan Anda dengan baik, Anda mungkin dapat hidup tanpa perlu menginvestasikannya dananya kembali. Seiring waktu, Anda dapat mengumpulkan beberapa tabungan dan memulai atau berinvestasi dalam bisnis lain. Selain itu, pada titik tertentu, Anda dapat memilih untuk menguangkan dan menjual bisnis atau aset." ucap Carrie.

4. Melebihi Harga Pada Awalnya Dan Tidak Menaikkan Harga Setelah Memiliki Merek

harga

Setelah bisnis yang dikelola atau yang ditekuni berhasil, pelanggan akan membayar harga sesuai dengan barang dan jasa. Namun seringkali, jika sesuatu memiliki biaya rendah, orang mungkin kurang menghargainya mempunyai pandangan tertentu terhadap produk ataupun jasa yang kita tawarkan.

"Jangan takut untuk meninjau kembali struktur harga secara teratur. Dengan inflasi dasar dan ekonomi yang selalu berubah dan dinamis, orang juga harus dinamis dalam menentukan harga," katanya.

5. Kembali Ke Pola Pikir Karyawan

mindset

Pekerja Side Hustle sering gagal dalam mengadopsi mentalitas kepemilikan, sebab sebagian besar dari mereka dimulai sebagai karyawan, sehingga pola pikirnya masih seperti karyawan.
Hal ini dapat diatasi. Berikut beberapa perubahan terbesar yang harus dilakukan oleh seorang pekerja Side Hustle menurut Carrie yakni 3 cara berpikir yang harus dimiliki, yaitu:

  • Prediktabilitas Dan Stabilitas VS Variabilitas

Ketika seseorang biasanya bekerja selama dua minggu dan dibayar selama dua minggu, segala sesuatunya dapat diprediksi. Anda memiliki gaji, tunjangan dan biasanya jadwal yang ditetapkan. Tetapi sebagai seorang pengusaha, Anda mungkin bekerja keras, memiliki jadwal yang tidak terduga selama bertahun-tahun dan dibayar rendah.

  • Mindset Karyawan VS Mindset Pengusaha

Karyawan biasanya bercita-cita menjadi orang terpintar di ruangan itu, atau melihat mereka yang lebih pintar sebagai pesaing mereka. Tetapi ketika seseorang memulai bisnis sendiri, mengelilingi diri dengan orang-orang yang lebih pintar akan menjadi aset.

  • Menjadi Orang Tua VS Diri Sendiri

Elon Musk pernah menjawab pertanyaan tentang kata-kata penyemangat apa yang akan dia berikan kepada seorang wirausahawan. "Jika Anda membutuhkan kata-kata penyemangat, jangan lakukan itu," katanya. Bergerak maju untuk melewati rintangan yang akan dihadapi kedepannya membutuhkan pegangan tangan, silabus, atau seseorang untuk mengatur kita secara mikro.

BACA JUGA : MENYAMBUT PERGANTIAN TAHUN, BERIKUT INI RAMALAN TREND GAYA RAMBUT DI TAHUN 2022

"Meski begitu, tidak semua usaha sampingan akan berhasil, tetapi saran yang selalu kami berikan adalah merangkul kekuatan kegagalan ke depan," tambah, Carrie.

"Ketika Anda menerima kesalahan sebagai hal yang tak terhindarkan, dan Anda masih bersedia untuk menempuh jalan itu, Anda akan menjadi lebih kuat, lebih pintar, dan lebih baik dalam segala hal yang Anda lakukan," jelasnya.

(source: womantalk.com, koinworks.com, beautynesia.id, cnbcindonesia.com, finansialku.com)


Nah, rocketers harus perhitungkan untuk memiliki Side Hustle agar bisa lebih berkembang dan menjalani hidup sesuai lebih bahagia lagi serta dapat mengasah skill yang dimiliki. Live your life with your ikigai, rocketers!

Comments 13

PG on

keren infonya

WD on

Side hustle itu wajib

Andini on

Wihh terima kasih min artikelnyaaa berguna bgtt

din on

waahh makasih infonya

Angeel on

suka sama maskernya

Prita on

Side hussle penting sihh.. apalagi kalo sesuai hobi malah jd stress relief ya

Ridho on

Keren

Dev on

Waaa pingin punya side hustle. Thank you articlenya🔥🔥

rica on

ingin jadi skinfluencer deh

Agnes on

Woww baru tau

andreanwintersangpenakluk on

ide bagus ni

reni on

wahh thnkyou infonya!

Andrean on

ohhh gitu yah

Leave a comment